Jangan Lupa Untuk Merawat Diri Anda Sendiri Jika Anda Punya Anak Penyandang Disabilitas

Terkadang bagian yang paling sulit dari mengasuh anak adalah mengingat untuk mengurus diri Anda. Sangat mudah untuk terjebak dalam apa yang dibutuhkan anak Anda sambil melupakan kebutuhan Anda sendiri. Tetapi jika Anda tidak merawat diri sendiri, Anda berisiko kehabisan tenaga. Penting untuk merawat kebutuhan fisik dan emosional Anda sehingga Anda berada dalam ruang yang sehat untuk anak Anda. Anda tidak akan dapat membantu anak Anda jika Anda stres, kelelahan, dan kehabisan emosi. Ketika Anda tenang dan fokus, di sisi lain, Anda akan lebih bisa terhubung dengan anak Anda yang merupakan seorang penyandang disabilitas dan membantu mereka menjadi tenang dan fokus juga.

Pasangan, teman, dan anggota keluarga Anda dapat menjadi rekan setim yang membantu jika Anda dapat menemukan cara untuk menyertakan mereka dan belajar meminta bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Berikut ini adalah kiat merawat diri sendiri yang anda perlukan:

Jagalah agar jalur komunikasi tetap terbuka dengan pasangan, keluarga, dan teman Anda. mintalah pertolongan jika kamu membutuhkannya.

Jaga diri Anda dengan makan dengan baik, berolahraga, dan cukup istirahat.

Bergabunglah dengan kelompok pendukung gangguan belajar. Dorongan dan saran yang akan Anda dapatkan dari orang tua lain sangat berharga.

Mintalah guru, terapis, dan tutor bila memungkinkan untuk berbagi tanggung jawab atas tanggung jawab akademik sehari-hari.

Pelajari cara mengelola stres dalam hidup Anda sendiri. Luangkan waktu setiap hari bagi diri Anda untuk bersantai dan melakukan dekompresi.

Berkomunikasi dengan keluarga dan teman tentang ketidakmampuan belajar anak Anda

Beberapa orang tua merahasiakan ketidakmampuan belajar anak mereka, yang dapat, bahkan dengan niat terbaik, terlihat seperti rasa malu atau bersalah. Tanpa diketahui, keluarga besar dan teman-teman mungkin tidak memahami kecacatan atau berpikir bahwa perilaku anak Anda berasal dari kemalasan atau hiperaktif. Setelah mereka mengetahui apa yang sedang terjadi, mereka dapat mendukung kemajuan anak Anda.

Di dalam keluarga, saudara kandung mungkin merasa bahwa saudara lelaki atau perempuan mereka yang memiliki ketidakmampuan belajar mendapatkan lebih banyak perhatian, kurang disiplin, dan perlakuan istimewa. Bahkan jika anak-anak Anda yang lain memahami bahwa ketidakmampuan belajar menciptakan tantangan khusus, mereka dapat dengan mudah merasa cemburu atau diabaikan. Orang tua dapat membantu mengekang perasaan ini dengan meyakinkan semua anak mereka bahwa mereka dicintai, memberikan bantuan pekerjaan rumah, dan dengan memasukkan anggota keluarga dalam rutinitas khusus apa pun untuk anak dengan ketidakmampuan belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *